Membunuh Rasa Takut Saat Mulai Usaha



Membunuh Rasa Takut Saat Mulai Usaha

Sri Mulyani, 21 tahun,  awalnya merasa resah saat ingin membuka usaha yang akan digelutinya sekitar 2 tahun silam. Dia merasa khawatir untuk memasarkan produk yang dijualnya, yakni camilan khas daerah Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Namanya Catruk Kabita.

“Pertama-tama rasa takut tidak laku selalu ada, bagaimana kalau produk yang dijual tidak diterima orang?  Tapi bagi saya itu risiko,” katanya beberapa waktu lalu.
Sri pada awalnya hanya memperkenalkan produk camilan itu kepada orang-orang terdekatnya. Hal itu dilakukannya, untuk mempromosikan Catruk Kabita terlebih dahulu, sebelum dilempar ke pasar.
Cetruk Kabita, camilan keripik yang diproduksi Sri,  terbuat dari adonan tepung tapioka dan terigu serta ditambah racikan bumbu khusus lalu digoreng. Semua proses itu akhirnya menghasilkan keripik yang  renyah dan gurih. Kini, bisnis camilan yang dilakoninya itu, sudah marak terpajang di pelbagai mini market di sejumlah daerah macam Bandung, Purwakarta, Subang, dan Cirebon. Omzet perbulannya dapat mencapai Rp5 juta.
Miming Phang, motivator sekaligus mentor bisnis pada komunitas pengusaha, Action Indonesia (AI) mengatakan saat seseorang ingin memulai berwirausaha, tak sedikit mereka terbunuh oleh rasa takutnya sendiri. Ini mengakibatkan keinginannya memulai usaha hanyalah angan-angan.
Dia menuturkan dalam beberapa pelatihan kewirausahaan, para peserta umumnya menuturkan bahwa modal menjadi masalah yang menghambat mereka untuk berbisnis.  
“Padahal ketika kami tanya berapa modal yang diperlukan, dan akan menjalankan usaha apa, mereka pun ternyata susah menjawab,” kata Miming.  “Berarti modal adalah ketakutan yang muncul pertama kali sebelum mereka menentukan akan memulai bisnis apa dan berapa modal yang diperlukan,” katanya.
Miming menjelaskan ketika akan memulai sebuah usaha, hal yang pertama kali harus dilakukan adalah membunuh rasa takut untuk mengambil keputusan dan risiko. Dia memberikan contoh, sebagai modal awal, pelaku usaha harus berani mengambil kredit kepemilikan rumah toko (ruko) untuk tempat usaha.
"Kebanyakan para pengusaha pemula kehilangan motivasi karena tingginya harga ruko, padahal masih ada jalan untuk menyiasati agar pengusaha bisa punya ruko dengan modal yang tidak terlalu besar," ujarnya.
Maming menuturkan kebanyakan pengusaha mundur sebelum memulai berwirausaha karena cenderung menggunakan perasaan dalam perhitungan dan perencanaan usaha.
"Padahal dalam dunia usaha harus logis dan bukan bertumpu pada permodalan semata, akan tetapi dari wawasan dan kemauan personal,” katanya.
 Mengembangkan Wawasan
Salah satu penggagas Action Indonesia di Cirebon, Jawa Barat,  Akir Saputra, mengatakan para pengusaha pemula atau calon pengusaha dapat memanfaatkan komunitas wirausaha untuk mendapatkan akses wawasan dunia usaha agar bisa berkembang.
"Banyak pelaku usaha bangkrut bukan karena kurang modal, akan tetapi karena kurangnya wawasan, dan ini cukup penting bagi kelangsungan bisnis ke depan," katanya.
Menurutnya, membangun jaringan usaha akan diperoleh seorangentrepreneur jika dirinya aktif dalam sebuah komunitas yang memberikan pelatihan  dan pengetahuan soal dunia usaha.
"Persaingan bisnis yang kian kencang pastinya memaksa pengusaha untuk membuat banyak terobosan dan gagasan kreatif dalam menjalankan usaha, mulai konsep usaha atau menjalankan usaha dengan modal terbatas sekalipun," ujar Akir.
Dia menambahkan berbicara dunia usaha sama artinya berbicara tentang pandangan hidup, karena apapun niatnya, menjadi pengusaha dapat memberikan kontribusi bagi orang lain. Terutama dalam penyediaan tenaga kerja.
"Kalau sudah tahu jalan menyiasati permodalan dan sudah punya gagasan bisnis, harus mampu keluar dari zona aman sebagai pegawai dan memilih profesi sebagai wirausahawan," ujarnya. 

sumber : http://www.bisnis.com/tips-berbisnis-membunuh-rasa-takut-saat-mulai-usaha


Responses

2 Respones to "Membunuh Rasa Takut Saat Mulai Usaha"

hugo baja tehnik said...

*#( PELUANG USAHA )#*

TAHUKAH ANDA?
* Kayu akan semakin habis dan semakin susah di dapat dimasa yang akan datang
* Kayu Untuk bangunan akan semakin rendah mutunya dan gampang diserang rayap
* Hutan Indonesia sudah menyusut dan menimbulkan pemanasan global
* Peluang bisnis ini masih sangat bagus

Kami dari CV. Hugo Baja Tehnik, merupakan Produsen Mesin Rollforming. Ingin memperkenalkan dan menawarkan produk-produk kami. Kami memberikan kualitas dan harga terbaik untuk Bapak/Ibu.
Adapun mesin rollforming yang Kami produksi adalah sebagai berikut:
1. Mesin Baja Ringan/Truss
2. Mesin Hollow Lipat
3. Mesin Metal Furing
4. Mesin Spandek
5. Mesin Genteng Metal
6. Mesin bondek / floordeck
Kami melayani pembuatan mesin rollforming berdasarkan pesanan sesuai dengan spesifikasi output yang ingin dihasilkan. Ketebalan yang dihasilkan bervariatif sesuai dengan kebutuhan. Komponen pada mesin yang kami gunakan memiliki kualitas yang terjamin. Kami memberikan garansi pada setiap mesin yang kami produksi.

INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
YUSUF
TLP / SMS / WA : 082111211687
PIN BB: 7483451B
EMAIL : cv.hugobajatehnik@gmail.com
http://mesinbajaringanterjangkau.blogspot.com


January 26, 2015 at 1:03 AM
zalinah aruf said...

ini kisah nyata saya . . . .

perkenalkan nama saya zalinah aruf, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren shohibul Qur’an. dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada K.h. Muh. Safrijal atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<<
Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin..


February 19, 2017 at 9:51 AM

Post a Comment

 

Recent Comments

Popular Posts

Return to top of page Copyright © 2010 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by HackTutors